Eh, pernah gak ngalamin?
Jualan, dicibir mulu.
Partneran, ditipu mulu.
Rekrut karyawan, nyusahin mulu.
Prospekan, di-PHP-in mulu.
Ngiklan, boncos mulu.
..dan hal-hal menjengkelkan lainnya.
Gimana, pernah? Apa perasaannya?
Kesel bin dongkol banget, kan?
Nah, itu...
Padahal, itu lumrah banget dan pasti terjadi pada setiap pengusaha, seperti kita...
Masalahnya,
gak semua orang "nyadar diri" akan hal itu. Sialnya, mereka ngeluh dan
selalu baper setiap kali ditempa permasalahan tersebut.
Gampangnya, kalau emang gak siap begitu, ya gak usah bisnis. Ngaryawan aja sana!
Bahkan, karyawan pun banyak permasalahannya, misalnya:
Gaji, segitu-gitu aja. Dikit...
Kerjaan, gitu-gitu aja. Bosen...
Gajian, cuma bisa nutupin cicilan.
Liburan, mesti nunggu akhir pekan.
...dan hal-hal sejenisnya.
Ini gak akan kelar-kelar urusannya. Karena apapun profesinya, pasti ada masalahnya. Bener gak? Cek aja, PASTI. Pasti!
Balik lagi ke bisnis.
Ingat,
bisnis itu gak pernah punya masalah. Bisnis itu benda mati, gak ada
nyawanya, yang dihuni oleh mahluk hidup bernyawa bernama Manusia.
Artinya, kalau bisnisnya terasa bermasalah, ya manusianya lah yang bermasalah.
Dan dalam bisnis, manusia-manusia (tim Anda) itu gak bisa disalahin gitu aja. Kenapa?
Selaku leader/owner, Anda lah yang harus bertanggung jawab atas semuanya.
Kalau
jualannya dicibir mulu, ya ubah cara jualannya. Pelajari lagi gimana
caranya supaya orang nyaman dengan jualan kita. Mereka mau dengerin
kita, mereka mau baca penawaran kita, dan mereka mau bertransaksi
dengan kita.
Sampai ngerti, sampai ahli.
Kalau
partneran ditipu mulu, ya harus lebih hati-hati lagi kedepannya. Jangan
emosian dalam ngambil keputusan. Pasang alarm yang kuat dalam diri
Anda.
Jangan mentang-mentang temen deket, ajakannya diambil gitu aja.
Jangan mentang-mentang yang nawarin ustadz, tawaran bisnisnya disikat gitu aja.
Jangan mentang-mentang yang invest kerabat dekat, uang investasinya diterima gitu aja. Itu emosional namanya.
Jangan begitu. Kudu cek track recordnya dulu. Harus jelas hitung-hitungannya.
Lha, emang ribet.
Tapi
mending ribet di awal tapi enak di akhir, daripada nyantai di awal tapi
enek di akhir. Ditipu... Masih mau? Enggak kan... yaudah.
Kalau punya karyawan nyusahin mulu, ya ubah cara rekrutmen dan pembinaannya. Jangan cuma asal rekrut.
Jangan
mentang-mentang lagi butuh cepat, akhirnya yang penting asal dapat. Gak
gitu cara mainnya. Anda harus punya sistem rekrutmen yang bener. Gak
bisa seenak jidat. Ya kecuali entar kedepannya siap disusahin.
Ibarat
kata, ada gak adanya mereka gak ngefek. Malah, lebih nyusahin. Kok
bisa? Ya Anda nya yang salah. Gak mau capek buat sistem rekrutmen yang
bener di awal. Terima aja udah...
Kalau
prospekan di-PHP-in mulu, ya jangan ngarep. Berharaplah hanya pada
Allah, jangan ke pembeli. Kecewa itu ada karena ada harapan. Salah ente,
ngarep...
Kalau ngiklan boncos mulu, ya
belajar lagi FB Ads nya yang bener. Tekun. Ngulik. Riset yang bener.
Belajar copywriting yang bener. Split test yang bener.
Gitu... Gitu terus.
Jangan
dikit-dikit, ngeluh. Dikit-dikit, baperan. Halah, mental tempe. Ngimpi
omset miliaran, bawaan mentalnya masih recehan dan banyak menyalahkan.
Memalukan!
Eits, udah jangan kesel gitu.
gak
usah kesinggung dan gak usah baper pas baca tulisan ini. Saya gak lagi
ngomong sama Anda kok, tapi pada seseorang yang belum "nyadar" bahwa
dirinya perlu belajar dan berhenti menyalahkan.
Keep responsibility to your business...
Kudu tanggung jawab.
Kudu ngaca!
Bisnis Anda adalah cerminan diri Anda sesungguhnya...
Bagus kak, Yuk lihat juga Cara Hilangkan Jerawat Dalam Semalam
BalasHapus